Selasa, 03 November 2015

Dampak Negatif pada Iklan

PENDAHULUAN
Iklan sudah menjadi kebutuhan berpromosi dalam suatu perusahaan dalam bidangnya. Untuk mempromosikan barang dagangannya, harus ada suatu tema atau topik dalam promosia iklan tersebut. Adapun tema atau topik dalam beriklan harus dengan beretika karena akan menjadi citra perusahaan pada barang tersebut. dan disini saya akan memilih produk bernama Tolak Angin dengan slogan "Orang Pintar...Minum Tolak Angin"

TEORI

Pengertian iklan menurut bahasa adalah memperkenalkan suatu barang,produk dan mempromosikan barang atau pun jasa baik secara online mau pun offline yang disampaikan melalui media dan di biaya oleh pemrakarsa yang dikenal serta di tunjuk sebagian masyarakat melalui ,radio, televisi, surat kabar, majalah dan lain-lain.

Dan iklan juga di definisikan sebagai pesan yang menawarkan produk yang di tujukan kepada masyarakat lewat suatu media masa (kasali,1995)
Menurut Liliweri (2011) contoh iklan juga merupakan salah satu paktor bentuk komunikasi bertujuan untuk memersuasi para pendengar dan pembaca agar mereka memutuskan untuk melakukan tindakan tertentu.


ANALISIS

menurut saya iklan Tolak Angin sedikit memberikan efek negatif bagi para konsumen yang melihat bahkan mendengar iklan tersebut, karena ada kata-kata seperti "Orang pintar.... minum Tolak Angin" menurut saya kata-kata tersebut sangat tidak beretika, mengapa? karena oarng-orang yang mendengarkan iklan tersebut berasumsi bahwa hanya orang pintar saja yang boleh membeli produk ini. ini bisa menimbulkan adanya perbedaan status sosial, mungkin memang yang dimaksud oleh iklan tersebut adalah memilih produk ini untuk menjadi solusi yang terbaik para konsumen tapi menurut saya tidak dengan kata-kata seperti itu.



REFERENCE: http://www.zetapedia.com/2014/11/contoh-pengertian-dan-fungsi-fungsi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar